Friday, June 1, 2012

PAEDAGOGI

Posted by Mira Tantri Saragih at 6:59 AM

Pedagogik merupakan kajian pendidikan. Secara etimologi berasal dari kata Yunani “paedos”, yang berarti anak laki-laki dan “agogos” artinya mengantar, membimbing. Jadi pedagogik secara harfiah berarti pembantu anak laki-laki pada jaman Yunani kuno, yang pekerjaannya mengantarkan anak majikannya ke sekolah. Kemudian secara kiasan, pedagogik ialah seorang ahli, yang membimbing anak ke arah tujuan hidup tertentu. Menurut Prof. Dr. J. Hoogveld (Belanda) pedagogik adalah ilmu yang mempelajari masalah membimbing anak ke arah tujuan tertentu, yaitu supaya kelak ia “mampu secara mandiri menyelesaikan tugas hidupnya”.
Mengapa Pedagogik diperlukan? Ada dua alasan yang melandasinya, yaitu bahwa pedagogik sebagai suatu sistem pengetahuan tentang pendidikan anak diperlukan, karena akan menjadi dasar bagi praktek mendidik anak. Selain itu bahwa pedagogik akan menjadi standar atau kriteria keberhasilan praktek pendidikan anak. Kedua, manusia memiliki motif untuk mempertanggungjawabkan pendidikan bagi anak-anaknya, karena itu agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, praktek pendidikan anak memerlukan pedagogik sebagai landasannya agar tidak jadi sembarangan.

Ruang Lingkup Kompetensi Pedagogik

Rumusan kompetensi pedagogik di dalam Penjelasan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun  2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 28 ayat 3 bahwa kompetensi pedagogik ialah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi; 
(1) pemahaman terhadap peserta didik, 
(2) perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, 
(3) evaluasi hasil belajar, 
(4)  pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Yang dimaksudkan dengan kompetensi pedagogik ialah kemampuan dalam pengolahan pembelajaran peserta didik yang meliputi; 
a) pemahaman wawasan atau landaskan kependidikan, 
b) pemahaman terhadap peserta didik, 
c) pengembangan kurikulum/silabus, 
d) perancangan pembelajaran, 
e) pemanfaatan teknologi pembelajaran, 
f) evaluasi proses dan hasil belajar, 
g) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Sumber:
 http://ahmad_sudrajat.guru-indonesia.net/artikel_detail-18438.html

http://e-smartschool.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=404&Itemid=55



0 comments:

Post a Comment

 

mts11099 Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos