Kelompok 9 :
- DENSI WAHYUNI (111301045)
- DINA MAHARANI (111301055)
- WAHYU HABIBIE (111301075)
- MIRA TANTRI (111301099)
- CHRISTINE NATALIA (111301127)
1. Coba jelaskan persinggungan antara teknologi dan pendidikan
!
Teknologi
berperan sebagai sumber informasi seperti situs – situs pengetahuan dan sebagai
pendukung dalam perbandingan pendidikan antara satu negara dengan negara yang
lainnya. Adapun beberapa fasilitas dalam teknologi, seperti internet yang
menyediakan jasa pendidikan online (home schooling). Oleh karena itu, semakin canggih perkembangan
teknologi maka akan meningkatkan kualitas pendidikan. Akan tetapi, dengan
pesatnya perkembangan teknologi juga dapat menurunkan kualitas pendidikan,
tergantung bagaimana siswa mengarahkan penggunaannya. Contohnya dengan adanya
internet, siswa akan dengan mudah mengakses dan mendapatkan banyak informasi
baru. Namun, siswa juga dapat melakukan tindakan kriminal seperti hacker dan
kecanduan game online.
2.
Coba bandingkan yang anda baca dibuku tentang standar untuk murid yang “melek
teknologi” dengan pendidikan di medan (masa sekolah) !
- Pra Taman kanak – kanak – Grade 2
Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak pada usia ini
sudah harus diperkenalkan hardware komputer dan menggunakan sumber daya
teknologi. Akan tetapi berdasarkan pendidikan di medan, anak – anak pada usia
ini masih cenderung untuk bermain, diajarkan mewarnai, membaca dan menulis.
Namun, adapula beberapa sekolah yang sudah menyediakan fasilitas teknologi
seperti komputer.
- Grade 3 – Grade 5
Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak pada usia ini
sudah mulai menggunakan beberapa sumber daya teknologi, seperti kalkulator,
multimedia, alat presentasi dan sumber daya online (seperti email, diskusi
online, dan web). Sedangkan berdasarkan pendidikan di medan , anak – anak pada
usia ini masih belum menggunakan email maupun diskusi online, akan tetapi murid
sudah menggunakan web dalam proses penyelesaian tugas, contohnya search engine
: yahoo, google, dan sebagainya.
- Grade 6 – Grade 8
Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak seusia ini sudah
menggunakan teknologi secara lebih maksimal dan efektif, seperti menggunakan
hardware dan software serta mengembangkan potensi diri. Sedangkan berdasarkan
di medan, anak – anak seusia ini sudah menggunakan beberapa software dalam
teknologi seperti photoshop, coreldraw, email, jejaring sosial, dan online shop
sehingga dengan begitu mereka dapat mengaplikasikan kemampuan yang mereka
miliki melalui teknologi tersebut.
- Grade 9 – Grade 12
Berdasarkan
buku yang kami baca, anak – anak pada usia ini sudah menggunakan informasi
online secara rutin dan memanfaatkan sarana teknologi untuk hidup secara
praktis. Sedangkan berdasarkan kenyataan di medan, anak – anak pada usia ini
hanya menggunakan teknologi untuk mencari kesenangan.
3.
Apakah yang dimaksud dengan ubiquitous computing? Lalu, berikan pandangan
tentang pernyataan tersebut!
Ubiquitous computing merupakan
generasi ketiga yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan, bukan
ke personal yang mana memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan komputer
secara terus – menerus dimana saja, kapan saja dan dalam kondisi apapun.
Ubiquitous computing berbeda dengan realitas virtual dimana pada umumnya ubiquitous
computing memaksa komputer eksis di dalam dunia manusia, sedangkan realitas
virtual menempatkan orang yang eksis di dalam dunia yang diciptakan komputer.
Menurut pandangan kami, dalam
periode ubiquitous computing ini, teknologi akan sangat mudah dan murah untuk
diakses oleh khalayak ramai, sehingga manusia dapat memanfaatkan teknologi
tanpa dibatasi oleh lokasi.
Daftar pustaka :
Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua) (h 492-505). Jakarta: Prenada Media
Group
0 comments:
Post a Comment