Psikologi Pendidikan
Psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada pemahaman tentang proses belajar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan. Ada 3 perintis
terkemuka dalam bidang psikologi pendidikan sebelum awal abad ke-20:
- William James
- John Dewey
- E.L Thorndike
Psikologi pendidikan berminat pada teori belajar, metode pengajaran, motivasi, kognitif, emosional, dan perkembangan moral serta hubungan orangtua anak. Selain itu psikologi pendidikan juga mendalami sub-populasi yaitu anak-anak gifted dan yang dengan kebutuhan khusus. Ahli lain menambahkan bahwa psikologi pendidikan berguna dalam penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas, pengembangan dan pembaruan kurikulum, ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan, sosialisasi proses dan interaksi proses itu dengan pendayagunaan kognitif dan penyelenggaraan pendidikan keguruan.
Fenomena Pendidikan
Padahal di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea 4 menyatakan bahwa negara bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam mewujudkan upaya tersebut, setiap warganegara memiliki hak untuk mendapatkan pengajaran (Pasal 31 ayat 1 UUD 1945).
Sumber:
Santrock,J.W.(2008).Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua).
Jakarta: Prenada Media Group
0 comments:
Post a Comment